Tugas 2 APSI D

System Request

System Request adalah dokumen formal yang digunakan untuk mengajukan permintaan pengembangan sistem informasi baru atau perubahan pada sistem informasi yang sudah ada. Dokumen ini mencakup deskripsi masalah atau kebutuhan bisnis yang harus diselesaikan dengan pengembangan sistem informasi, tujuan dan manfaat yang diharapkan, ruang lingkup sistem yang akan dikembangkan, persyaratan fungsional dan non-fungsional, serta perkiraan biaya dan waktu.

System request memiliki beberapa elemen, yaitu:
  • Project Sponsor: Seseorang atau sekelompok yang bertanggung jawab untuk membiayai, mendukung, dan mengawasi suatu bisnis. Project sponsor biasanya merupakan seorang pemimpin dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang memiliki otoritas tertentu.
  • Business Need: Suatu kebutuhan yang menimbulkan suatu permintaan dalam sebuah pasar bisnis. Business need biasanya didasarkan pada tujuan diciptakan bisnis tersebut yang berhubungan dengan perbaikan proses, peningkatan kerja, dan pertumbuhan peluang bisnis baru.
  • Business Requirement(s): Syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam menjalani sebuah bisnis. Business requirement(s) harus didasarkan pada kebutuhan bisnis dan harus terukur, spesifik, dan dapat dibuktikan kebenarannya.
  • Business Value: Manfaat yang dihasilkan dalam menjalani sebuah bisnis. Business value biasanya terkait dengan tujuan strategis dan pencapaian tujuan bisnis, seperti meningkatkan pendapatan, efisiensi operasional, kepuasan pelanggan, atau peningkatan kualitas produk atau layanan.
  • Special Issue / constraint: Permintaan atau kebutuhan khusus yang tidak termasuk dalam permintaan atau kebutuhan standar atau rutin. Permintaan atau kebutuhan khusus tersebut dapat berupa permintaan untuk layanan khusus, penyesuaian atau modifikasi khusus pada produk atau layanan, atau permintaan untuk mendapatkan izin atau persetujuan khusus dari pihak terkait.




Comments

Popular posts from this blog

Quiz 1 PBKK

Tugas 13 PBKK

Tugas 1 APSI D